LAYANAN JASA KONSULTAN PAJAK PRIBADI

Pajak merupakan kewajiban tiap warga negara, yang tentunya sudah memenuhi syarat untuk menjadi wajib pajak. Aturan ini tidak hanya berlaku untuk tiap individual saja, tetapi perusahaan dan berbagai hal juga dikenai pajak. Sayangnya, masih banyak orang yang tidak menjalankan kewajiban mereka ini.

Hal ini bukan berarti mereka tidak mau melakukannya. Tetapi, sebagian besar masalah yang ada pada mereka yang lalai bayar pajak ini adalah karena ketidak tahuan mereka akan bagaimana cara membayar, apa saja kewajiban mereka, berapa besar pajak yang harus dibayar dan lain-lainnya.

Disinilah, dibutuhkan jasa seorang profesional yang ahli dalam bidang perpajakan untuk membantu para wajib pajak yang minim pengetahuan ini untuk dapat melaksanakan kewajibannya. Dan, jasa konsultan pajak pribadi dapat menjadi solusi akan hal ini.

Manfaat Jasa Konsultan Pajak Pribadi

Ada banyak manfaat menggunakan bantuan jasa konsultan pajak pribadi ini.

  • Cepat

Anda tidak perlu lagi repot-repot menghabiskan waktu untuk mencari informasi maupun referensi untuk mengetahui kewajiban Anda. Dengan adanya konsultan pajak pribadi ini, mereka akan membantu Anda.

  • Mudah

Anda juga tidak perlu repot untuk membuat laporan maupun dokumentasi aset untuk kepentingan pajak. Semuanya akan dilakukan oleh sang konsultan. Hal ini akan sangat berguna untuk Anda yang menggunakan jasa ini untuk kewajiban pajak perusahaan atau bisnis Anda. Perusahaan Anda tidak akan terbebani oleh biaya administrasi dan sejenisnya yang dapat membengkak. Artinya, Anda dapat lebih berkonsentrasi untuk membangun bisnis Anda menjadi lebih besar lagi.

  • Aman

Anda juga akan terhindar dari resiko penipuan yang dilakukan oleh para oknum. Adanya pendamping seorang konsultan pajak yang mengerti mengenai semua proses pemenuhan kewajiban pajak Anda adalah alasannya.

  • Kesalahan Hitung

Konsultan juga akan menjamin bahwa besar pajak yang Anda bayarkan sesuai dengan kewajiban yang dibebankan kepada Anda.

  • Hidup Lebih Tenang

Dengan adanya ahli yang meng-handle semua urusan ini, maka hidup Anda akan lebih tenang dan santai. Anda akan lebih tenang, karena kewajiban Anda pasti terpenuhi dan tidak akan terlewatkan. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan waktu lebih banyak yang dapat Anda gunakan untuk melakukan berbagai hal yang Anda sukai, mulai dari berlibur hingga melakukan hobi Anda.

Tips Memilih Jasa Konsultan Pajak Pribadi

Dengan begitu banyaknya manfaat yang dapat Anda peroleh dari penggunaan jasa konsultan pajak pribadi, tentunya Anda saat ini makin tertarik untuk menggunakan jasa ini. Tetapi, Anda juga harus mengetahui, bahwa tidak semua jasa konsultan pajak pribadi yang dapat Anda gunakan. Kita tidak mengetahui apa yang akan terjadi, bukan? Dan, mungkin saja, ada orang yang tidak bertanggung jawab yang memanfaatkan kebutuhan akan bantuan konsultan pajak, seperti Anda, untuk keuntungan mereka sendiri. Dan, bila Anda memilih jasa konsultan seperti ini, maka Anda hanya akan mendapatkan kerugian.

Jadi, tanpa panjang lebar, berikut beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat Anda menemukan dan akan memilih profesional yang menaarkan jasa konsultan pajak pribadi ini.

  1. Izin

Profesional yang menawarkan jasa konsultan tersebut haruslah terdaftar dan mendapat izin dari Direktur Jenderal Pajak (Dirjen Pajak). Izin yang harus dimiliki adalah izin praktek untuk memberikan konsultasi serta terdaftar dalam daftar konsultan pajak Dirjen Pajak. Lalu bagaimana menemukan apakah konsultan tersebut memang benar-benar mempunyai daftar ini?

Perlu diketahui, semua atau sebagian besar konsultan pajak resmi dan bukan abal-abal tergabung dalam Ikatan Konsultan Pajak Indonesia (IKPI). Artinya, bila Anda membuka situs IKPI dan mencari daftar konsultan pajak di situs mereka, dan Anda menemukan nama konsultan tersebut, maka pilihan itu terbilang aman. Artinya, untuk mendapatkan konsultan pajak yang benar, harus mempunyai dua hal ini, izin dari Dirjen Pajak dan terdaftar dalam IKPI.

  1. Legal

Tips kedua ini dapat dilihat dari bagaimana kinerja konsultan tersebut. Konsultan yang baik haruslah menggunaka cara legal untuk meningkatkan efisiensi pembayaran pajak dari kliennya. Artinya, metode seperti penghindaran pajak (tax avoidance) yang legal yang harus mereka gunakan, bukanlah pengelakan pajak (tax evasion) yang ilegal. Mengapa?

Bila ada pengelakan pajak, seperti penggelapan, maka yang mendapatkan sanksi adalah wajib pajak, bukan konsultan pajak yang membantu Anda. Memang, cara ini sangat menggiurkan, karena Anda akan mendapatkan keringanan pajak yang cukup besar. Tetapi, Anda tentu tidak ingin mendapatkan masalah di masa depan dan merasakan dinginnya jeruji hotel prodeo, bukan?

  1. Komitmen

Jasa konsultan pajak yang mempunyai komitmen terhadap kliennya juga merupakan hal utama yang harus Anda perhatikan. Komitmen disini bukan hanya komitmen untuk membantu Anda menyelesaikan semua urusan mengenai kewajiban pajak Anda saja. Tetapi, mereka juga harus berkomitmen untuk membantu Anda sepenuh hati dan mendapatkan hasil terbaik seperti yang Anda inginkan.

Di lain sisi, para konsultan ini juga harus berkomitmen untuk menjaga kerahasiaan klien mereka, yaitu Anda dengan baik. Hal ini sangatlah penting, karena bila terjadi masalah dan wanprestasi, maka tidak akan ada pihak yang menjual rahasia Anda kepada orang lain. Artinya, Anda pun juga harus berkomitmen, dan saling menjaga kepercayaan.

  1. Tax Planning

Konsultan pajak pribadi artinya mereka membantu diri Anda untuk dapat menyelesaikan kewajiban pajak Anda dengan baik. Dengan baik disini artinya, bukan hanya Anda tidak akan lagi mempunyai tanggungan yang harus Anda bayar. Tetapi, mereka juga membantu Anda untuk merencanakan semuanya, agar pajak yang Anda bayar benar-benar sesuai dengan kewajiban Anda.

Perancanaan ini juga dibutuhkan, khususnya untuk bisnis, karena kewajiban pajak Anda biasanya diepngaruhi oleh transaksi yang terjadi. Dengan adanya perencanaan, maka proses transaksi akan dapat dibuat menjadi lebih efektif, sehingga meringankan kewajiban pajak yang harus Anda bayar. Tentunya, perencanaan ini juga harus dilakukan dengan cara legal agar Anda tidak mendapat masalah.

  1. Tarif

Hal ini mungkin menjadi hal paling penting yang banyak digunakan orang untuk menentukan jasa konsultan pajak pribadi yang mereka gunakan. Banyak orang tentu tertarik untuk menggunakan jasa konsultan pajak yang menawarkan tarif murah. Tetapi, Anda tidak bisa langsung menggunakan jasa murah hanya untuk menghemat biaya. Pilih jasa konsultan pajak pribadi yang memang benar-benar memiliki reputasi dan bila tarif yang mereka tawarkan cukup tinggi, mungkin saja hal tersebut sesuai dengan layanan yang mereka berikan. Harga tinggi, kualitas layanan terbaik.

Tetapi, bila Anda ingin jasa konsultan pajak yang murah alias gratis, Anda dapat menggunakan jasa konsultan yang disediakan Kantor Pelayanan Pajak. Anda hanya perlu menelepon nomor 500200, untuk mendapatkan hal ini. Memang banyak layanan konsultan pajak gratis yang ditawarkan perusahaan melalui website.

TAPI APAKAH ANDA YAKIN MAU, DAPUR ANDA DIKETAHUI DIRJEN PAJAK SEMUANYA?

Mereka biasanya menggunakan hal ini sebagai promosi layanan mereka, Anda dapat menggunakannya untuk mencoba dan melihat bagaimana kualitas layanan mereka sebenarnya.

Follow Akun Instagram Qamy Consulting untuk Update informasi mengenai Pajak.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *